Rabu, 03 Maret 2010

Siaga bencana

Apa yang bisa kita lakukan saat Gempa Bumi?

Sebelum terjadi gempa bumi
1. Kenali daerah tempat tinggal kita.
2. Ketika berada di dalam ruangan, perhatikan dimana letak pintu keluar, tangga darurat atau cara-cara keluar dari gedung jika sewaktu-waktu harus menyelamatkan diri.
3. Perhatikan juga bagian-bagian yang dapat menjadi tempat yang aman untuk berlindung ketika gempa terjadi.
4. Ketahui ada tempat-tempat yang berbahaya untuk bertahan jika gempa terjadi, misalnya area dekat jendela kaca atau di bawah pilar.
5. Memperhatikan letak pintu, lift serta tangga darurat sehingga apabila terjadi gempa bumi sudah mengetahui tempat yang aman untuk berlindung.
6. Catat dan simpanlah nomor-nomor telepon penting yang harus dihubungi pada saat terjadi gempa bumi.
7. Matikan kran air, gas, dan listrik apabila selesai digunakan.



Di dalam rumah
Pada saat getaran terasa beberapa saat, kamu harus berusaha menyelamatkan diri dan keluargamu. Bergeraklah ke bawah meja untuk melindungi tubuh dari benda-benda yang berjatuhan. Jika tidak ada meja di sekitar kita, lindungi kepala dengan sesuatu, misalnya bantal, papan atau dengan kedua telapak tangan dengan posisi telungkup.

Di luar rumah
Merunduk dan lindungi kepalamu dengan benda-benda seadanya atau kedua telapak tangan. Bergeraklah menjauh dari gedung dan tiang menuju daerah terbuka.

Di mall, bioskop, dan lantai dasar
Jangan panic. Ikuti petunjuk dari petugas keamanan atau satpam. Jangan menggunakan lift ketika terjadi gempa. Gunakanlah tangga darurat. Bergeraklah ke tempat terbuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar