Sabtu, 13 Maret 2010

Apa yang harus kamu makan?

Kita nggak boleh asal makan. Asal enak ato asal murah aja. Kita juga harus mikirin gizi makanan yang kita makan. Untuk menjaga kesehatan dan kecerdasan kamu, ada enam jenis zat makanan yang musti kamu konsumsi.
 Karbohidrat
Unsur utama pembentuk manusia adalah karbon dan hidrogen. Oleh karena itu, pola makan kita haruslah memberikan pasokan karbohidrat (karbon dan hidrogen) yang memadai. Karbohidrat banyak terdapat pada biji-bijian, sayuran, kacang-kacangan dan buah-buahan.
 Protein
Protein adalah senyawa organik dengan bahan dasar nitrogen. Protein memiliki kemampuan untuk mengubah dan menyesuaikan diri. Itulah sebabnya mengapa tubuh kita menggunakannya sebagai pembangun utama dari otot-otot, tulang, organ, dan berbagai jaringan dalam tubuh. Tanpa protein, kita enggak akan punya kekuatan apa pun.
Protein, adalah salah satu sumber utama tenagamu. Akan tetapi, penguraian dan penyebarannya ke seluruh tubuh jauh lebih lambat daripada makanan lain. Oleh karena itu, jika kamu makan protein, kamu enggak akan segera merasakan tambahan energi dengan cepat seperti yang terjadi jika mengonsumsi gula, lemak, dan karbohidrat.

Protein banyak ditemukan pada kacang-kacangan, beras, sayuran umbi-umbian (wortel dan kentang), telur, ikan, daging, dan susu.
 Air
Air berfungsi sebagai mediator dan saluran dari reaksi kimia dalam tubuh. Bila air yang kamu konsumsi sangat sedikit, reaksi yang terjadi dalam tubuh kamu enggak akan berjalan normal.
Air juga mengatur suhu tubuh agar tetap normal dan menjaga kelembaban organ di dalam tubuh supaya tidak mengempis dan rusak.
Di samping itu, air menjaga kestabilan volume serta kekentalan darah dan getah bening. Kekurangan cairan menyebabkan air di dalam darah dan getah bening disedot oleh tubuh sehingga darah dan getah bening menjadi kental dan alirannya jadi enggak lancar. Hal ini dapat mengakibatkan stroke!
Fungsi lain, air mendorong pembuangan racun dalam tubuh melalui keringat, air seni, dan pernapasan. Kalau minumnya sedikit, air seni dan keringat pun akan sedikit sehingga racun dalam tubuh akan menumpuk dan meracuni organ-organ tubuhmu. Akibatnya, kamu akan jadi gampang sakit.
Air mengatur struktur dan fungsi kulit agar tidak kasar, berkerut, dan kusam. Minumlah air dua liter atau delapan gelas sehari. Lebih banyak lebih baik. Jangan khawatir bakal kelebihan cairan. Air yang berlebih akan dibuang melalui air seni.
 Lemak
Lemak merupakan senyawa organik yang majemuk yang berfungsi sebagai cadangan kalori dalam tubuh. Lemak juga berguna sebagai pelindung alat-alat tubuh dan penghangat saat berada di lingkungan bertemperatur rendah. Lemak menjadikan sel darah merah lebih luwes sehingga sel-sel itu meluncur lebih mudah dalam saluran-saluran kapiler.
Lemak memberimu pasokan oksigen dan makanan buat jaringan-jaringan otot sehingga dapat meningkatkan tenaga. Bersama-sama dengan air, lemak membantu pembentukan otak.

Jadi, lemak itu penting. Dan, keliru besar jika ada nasihat yang menganjurkan kamu menghindari semua makanan berlemak karena dapat membuatmu gemuk dan berjerawat.
Memang, lemak ada dua jenis, yang baik dan yang jahat. Lemak jahat berasal dari lemak yang bersifat jenuh. Semua minyak goreng, gajih, dan lemak dalam daging tergolong bersifat jenuh. Kita membutuhkannya dalam takaran yang tidak banyak.
Lemak yang baik adalah lemak tak jenuh. Lemak jenis ini yang dibutuhkan lebih banyak oleh tubuh kita. Lemak tak jenuh majemuk terdapat pada ikan dan minyaknya, kacang-kacangan, dan buah-buahan.
 Vitamin-Vitamin
Ada dua kelompok vitamin: yang larut dalam air (vitamin B dan C) dan yang larut dalam lemak (vitamin A, D, E, K).
Vitamin A
Vitamin ini menjaga sistem kekebalanmu, menyediakan makanan untuk kulit, mata, rambut, kuku, selaput-selaput halus dan kelenjar-kelenjar adrenalin. Vitamin ini membuat penglihatanmu menjadi jelas dan membantu melawan stres.
Vitamin B1
Vitamin ini berfungsi mempertahankan metabolisme karbohidrat, mengurangi kelelahan, membantu pencernaan, dan melindungi sistem kekebalan. Vitamin ini banyak ditemukan dalam selada, buncis, kacang polong, wortel, apel, pisang, jeruk besar, beras, jagung manis, kuning telur, dan kentang.
Vitamin B2
Vitamin ini adalah unsur dasar kesehatan rambut, kulit, dan kuku; melindungi kelenjar-kelenjar adrenalin dari kerusakan akibat stres, dan melindungi sistem kekebalan tubuh. Vitamin ini banyak ditemukan pada selada, seledri, bayam, buah pir, apricot, beras, susu, telur, dan ikan.
Vitamin B3
Vitamin ini sangat penting untuk metabolisme otak, meningkatkan sistem peredaran darah, sistem kekebalan tubuh. Banyak ditemukan dalam kacang-kacangan, kedelai, sereal, ikan, dan daging unggas.
Vitamin B5
Berfungsi mengurangi kadar racun dalam obat-obatan, menambah kemampuan tubuh menghadapi stres; dan melindungi sistem kekebalan tubuh. Banyak ditemukan pada telur, hati ikan, dan kacang polong.
Vitamin B6
Vitamin ini sangat vital untuk menghasilkan dan menjaga kesehatan gen kamu. Sangat penting untuk metabolisme lemak, gula, dan protein. Banyak terdapat pada tomat, kacang-kacangan, kentang, selada, beras merah, kacang tanah, pisang, susu, kuning telur, dan ikan.
Vitamin B12
Berguna untuk menjaga usus agar tetap sehat sehingga meningkatkan kerja pencernaan; dan menjadi unsur dasar dalam pembentukan sel darah merah. Banyak ditemukan pada sayuran mentah, gandum, susu, keju, tiram, dan ikan salmon.
Vitamin C
Vitamin ini adalah pembantu utama dalam pembentukan urat-urat yang tugasnya membangun kaitan-kaitan, gigi, dan tulang; memperkuat dinding saluran darah, mempercepat proses penyembuhan luka, antioksidan, mencegah demam, dan melawan efek racun obat-obatan. Sumber vitamin C adalah jeruk, tomat, sayuran mentah, stroberi, kentang, dan buah-buahan yang lain.
Vitamin D
Vitamin D sangat penting dalam proses absorbsi kalsium, yang berguna bagi pertumbuhan dan pemeliharaan tulang. Sumber vitamin D adalah sinar matahari, sayuran berwarna hijau, sereal, susu, mentega, kuning telur, ikan tuna, dan ikan salmon,
Vitamin E
Berfungsi mempertahankan daya ingat dan memperlambat proses penuaan. Konsumsi vitamin E yang tepat membantu daya serapmu dalam belajar.
Vitamin K
Sangat penting dalam pembekuan darah sehingga menjadi faktor utama dalam pertahanan tubuh melawan luka; serta menyediakan energi ekstra dalam sel-sel tubuhmu.

Sumber: GayatriBerbagi (dengan beberapa perubahan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar